5 Cara Agar Ibu Rumah Tangga Tetap Menghasilkan Uang Walau #DiRumahAja

Posted by KarimGanas on 09.51 in ,
bu Rumah Tangga Tetap Menghasilkan Uang

Seorang ibu rumah tangga punya peran penting dalam mengelola uang, meskipun biasanya ia tidak aktif menghasilkan uang. Tapi, kini ibu rumah tangga bisa merangkap profesi jadi pebisnis unggul. Jangan heran, karena dengan kecanggihan teknologi kini siapa saja bisa berinvestasi dengan fintech.

Apa itu fintech? Secara sederhananya, pengertian fintech adalah aplikasi keuangan berbasis smartphone. Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas keuangan di sana, seperti pinjam dana, investasi, dan transaksi lainnya. Sudah banyak fintech resmi yang memberi banyak keuntungan, kamu harus pintar milih aplikasinya ya.

Ini Strategi Sukses Investasi untuk IRT

Investasi lewat aplikasi fintech di android jadi pilihan tepat untuk pemula, termasuk untuk para ibu rumah tangga. Kamu bisa mencoba investasi jangka pendek, mulai dari nominal terkecil seperti Rp.50.000. Pantau uang investasi kamu sewaktu-waktu lewat smartphone, saat waktu return tiba kamu bisa dapat uang berkali-kali lipat. Ini strategi yang cocok untuk investasi ibu rumah tangga:

1.     Siapkan Dana Darurat

Jika kamu belum punya rekening tabungan, mulailah membuatnya dari sekarang untuk menyimpan dana darurat. Dana ini sangat bermanfaat untuk keluarga saat situasi genting, misalnya suami kamu di phk dan kamu harus punya dana minimal untuk 6 bulan kedepan. Kalau punya dana lebih, kamu bisa pakai untuk buka usaha baru.

2.     Siapkan Asuransi

Asuransi menjadi strategi kedua untuk sukses berinvestasi, kamu bisa menyiapkannya untuk mengantisipasi kejadian tak terduga. Asuransi utama yang harus disiapkan adalah asuransi jiwa untuk suami, jadi jika suami kamu tidak bisa mencari nafkah lagi, uang asuransi ini akan cair untuk keperluan keluarga kamu.

3.     Sisihkan uang Bulanan untuk Investasi

Seorang ibu rumah tangga harus pintar menyisihkan uang, bukan cuma buat belanja ya tapi buat kepentingan mendadak lain. Investasikan uang sisihan kamu di aplikasi financial technology, akan jumlahnya berlipat ganda. Sebagai pemula, kamu bisa berinvestasi jangka pendek dengan jumlah yang kecil dulu.

4.     Kerja Sampingan

Kalau kamu masih punya waktu luang, lebih baik gunakan untuk kerja sampingan seperti jualan online, menulis artikel, atau desain grafis. Meskipun gajinya ga besar, tapi uang itu bisa dipakai buat investasi yang nantinya akan semakin banyak. Meskipun kerja sampingan, tapi kerjaan di rumah jangan sampai dilewati ya.

5.     Tambah Ilmu Keuangan

Kamu harus terus belajar tentang keuangan, kalau kamu mau berkembang di bidang ini. Pelajari tentang seni investasi, penggunaan fintech ojk dengan bijak, dan cara bikin anggaran yang baik. Semua itu agar strategi investasi kamu berjalan lancar, kamu sendiri yang akan mendapat keuntungannya bukan.

Semua strategi investasi di atas bisa kamu terapkan langsung, jangan terburu-buru untuk berinvestasi besar, mulailah dengan jumlah kecil. Kalau kamu cerdas dan rajin, lama kelamaan uang kamu bisa berlipat ganda dan semua kebutuhan akan terpenuhi.